Senin, 29 Januari 2018

APLIKASI KONSEP TEKANAN ZAT DALAM MAKHLUK HIDUP

Tekanan Gas pada Proses Pernafasan Manusia

Di dalam paru-paru tepaatnya di Alveolus terjadi pertukaran antara oksigen dan karbondioksida. Setiap menit paru-paru dapat menyerap sekitar 250ml O₂ dan mengeluarkan 200ml CO₂. Proses pertukaran antara oksigen dengan karbondioksida terjadi secara difusi, yaitu proses perpindahan zat terlarut dari daerah yang memiliki konsentrasi dan tekanan parsial tinggi ke daerah yang memiliki konsentrasi dan tekanan parsial rendah

  Tekanan parsial adalah tekanan yang diberikan oleh gas tertentu dalam campuran gas tersebut. Pada bagian ini tekanan parsiakl adalah tekanan oksigen dan karbondioksida yang terlarut di darah. Tekanan parsial O₂ diberi simbol PO₂ tekanan parsial CO₂ diberi simbol PCO₂. Darah yang masuk ke paru-paru melalui arteri pulmonalis memiliki PO₂ yang lebih rendah dan PCO₂ yang lebih tinggi dari udara di dalam Alveoli (merupakan jamak dari Alveolus).
Saat darah memasuki kapiler alveoli, CO₂ dalam darah berdifusi ke alveoli dan O₂ dalam udara di alveoli berdifusi ke darah. Akibatnya PO₂ dalam darah banyak mengandung oksigen dan PCO₂ dalam darah sedikit mengandung karbondioksida. Selanjutnya darah menuju ke jantung, kemudian di pompa ke seluruh tubuh. Saat darah tiba di jaringan tubuh, O₂ dalam darah mengalami difusi ke jaringan tubuh. Kandungan CO₂ dalam jaringan tubuh lebih besar di banding CO₂ dalam darah. Sehingga CO₂ dalam jaringan tubuh mengalami difusi ke dalam darah. Setelah melepas O₂ dan membawa CO₂ dari jaringan tubuh, darah kembali ke jantung dan dipompa ke paru-paru.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Pengetahuan Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template